Sejarah dan Manfaat Jaringan Komputer

Psybnc.net – Mampu dihubungkannya satu komputer dengan komputer lainnya baik melalui kabel maupun nirkabel (tanpa kabel) membawa kemudahan tersendiri bagi kehidupan manusia. Keadaan saling terhubungnya komputer dan berbagai perangkatnya tersebut disebut dengan istilah jaringan komputer.

Jaringan Komputer Menghubungkan Komunikasi Antar Komputer

Jaringan komputer ini memungkinkan terjadinya komunikasi antar komputer melalui media jaringan bersama. Jaringan komputer merupakan salah satu perkembangan yang dilakukan pada teknologi komputer. Komputer memang membawa berbagai kemudahan, terlebih dengan berbagai pengembangan yang dilakukan pada teknologi tersebut. Perkembangan yang kemudian salah satunya memunculkan adanya jaringan komputer. Dengan ditemukannya teknologi jaringan komputer, maka membawa begitu banyak manfaat. Kali ini kita akan mengulas tentang apa saja manfaat dari teknologi jaringan komputer. Namun, sebelumnya mari kita lihat dulu seperti apa sejarah hadirnya jaringan komputer dalam kehidupan manusia.

Jaringan Komputer Menghubungkan Komunikasi Antar Komputer

Sejarah Hadirnya Jaringan Komputer

Sejarah hadirnya jaringan komputer dimulai dari munculnya konsep hubungan antar komputer sekitar tahun 1940 di Amerika. Konsep tersebut diusung oleh proyek pembuatan komputer MODEL I yang dilakukan di laboratorium Bell dan grup riset Harvard University. Proyek ini dipimpin oleh profesor bernama Howard Aiken. Proyek ini bertujuan agar perangkat komputer bisa dipakai secara bersamaan untuk mengerjakan sesuatu tanpa membuang banyak waktu. Dalam usaha ini diciptakanlah proses beruntun yang disebut dengan Batch Processing. Dalam proses beruntun yang diciptakan ini beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan menggunakan kaidah antrian. Sejarah berlanjut ke tahun 1950-an dengan terciptanya super komputer. Pada tahun ini jaringan komputer sudah dapat diaplikasikan untuk pertama kalinya yang bekerja cukup baik.

Tahun 1960-an dilakukan riset dengan tujuan menghubungkan sejumlah komputer agar membentuk jaringan organik oleh Departemen Pertahanan Amerika. Program riset tersebut dikenal dengan ARPANET. Pengembangan-pengembangan lain terus dilakukan. Begitu juga pada jaringan ARPANET yang terus meluas ke luar Amerika pada sekitar tahun 1973.  Pada tahun ini, Vinton Cerf dan Bob Kahn juga mempresentasikan sebuah gagasan yang kemudian menjadi cikal bakal pemikiran Internasional Network (Internet). Gagasan yang jauh lebih besar yang kemudian kini menjadi sebuah teknologi yang sangat mempengaruhi kehidupan manusia di segala aspek. Hingga tahun 1994, situs-situs internet telah tumbuh begitu banyak sampai 3000 alamat. Tahun ini juga muncul pertama kalinya belanja online. Juga lahir Yahoo! Dan Netspace Navigator 1.0.

Manfaat Yang Ditimbulkan Dengan Adanya Jaringan Komputer

Jaringan komputer berupa internet merupakan jaringan komputer yang luas. Namun, jaringan komputer tak melulu mencakup lingkup yang luas seperti itu. Jaringan yang ada di kantor, sekolah, warnet, dan sebagainya juga merupakan jaringan komputer. Pasalnya ada banyak jenis jaringan komputer yang dikategorikan berdasarkan berbagai hal. Salah satunya berdasarkan keterjangkauannya. Jenis-jenis tersebut antara lain LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), dan WAN (Wide Area Network). Jaringan komputer yang jangkauannya terkecil adalah LAN yang biasanya digunakan di kantor, sekolah, maupun warnet. Namun, semua jaringan komputer pada umumnya memiliki manfaat yang sama yaitu pertama sebagai media komunikasi. Dengan adanya jaringan komputer maka memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna komputer.

Kedua, untuk integrasi data sehingga memudahkan pengguna untuk mendapatkan dan mengolah informasi setiap saat dengan mudah.  Ketiga, memudahkan pengembangan dan pemeliharaan. Misalnya dengan cukup memberikan perlindungan dari serangan virus pada harddisk yang ada pada satu komputer saja. Contoh lainnya adalah penggunaan satu printer untuk beberapa komputer. Dengan begitu, biaya pun akan lebih hemat. Keempat, dapat menciptakan keamanan data yang lebih baik dengan memberikan hak akses pada pengguna tertentu. kelima, sumber daya lebih efisien dan update informasi lebih mudah. Keenam, memungkinkan dan memudahkan sharing resources agar seluruh program, peralatan atau peripherap bisa dimanfaatkan oleh setiap orang yang tergabung dalam jaringan komputer dengan lebih fleksibel.