Penggunaan Komputer dan Jaringan Untuk Memperlancar Arus Informasi

Psybnc.net – Penggunaan komputer untuk memperlancar arus informasi saat ini semakin dirasa penting untuk dilakukan. Memudahkan penyebaran informasi memang menjadi salah satu manfaat keberadaan komputer. Dengan memanfaatkan komputer, informasi bisa dibagikan atau disebarluaskan antara satu komputer ke komputer lain atau dari satu orang ke orang lain dengan lebih mudah dan cepat.

Peran Komputer dan Jaringan Dalam Informasi

Pemanfaatan komputer yang seperti itu dilakukan dengan menerapkan jaringan komputer tertentu. Lalu, apa itu jaringan komputer sehingga bisa membuat teknologi komputer digunakan untuk menyebarkan informasi dengan mudah dan cepat? Jaringan sendiri memiliki pengertian yaitu sebuah sistem operasi yang terdiri dari perangkat jaringan seperti sejumlah komputer yang bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. Sementara komputer merupakan sebuah teknologi atau alat yang digunakan untuk mengolah data melalui prosedur tertentu. Komputer adalah teknologi yang kini terus berkembang. Maka, jaringan komputer merupakan sebuah sistem yang menghubungkan satu atau lebih komputer satu sama lain. Untuk suatu tujuan, dan di sini tujuan tersebut salah satunya adalah untuk menyebarluaskan informasi tertentu. Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar komputer atau saling terhubung satu sama lain, termasuk bertukar data. Dalam hal ini, jumlah komputer yang ada dalam suatu jaringan bisa beragam. Mungkin dua komputer atau lebih dari itu. Selain itu, jaringan komputer juga dibedakan dalam beberapa kategori.

Tiga Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan

Tiga Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan

Jika Anda pernah mendengar istilah LAN, MAN, WAN dalam jaringan komputer. Maka ketiganya masuk dalam jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan jangkauan geografisnya. Jaringan komputer memiliki tingkat keterjangkauan tertentu. Biasanya, penggunaan jangkauan tertentu tergantung pada kebutuhan dan tujuan.

  • Ada jaringan komputer yang memiliki keterjangkauan kecil atau lingkup wilayahnya kecil seperti seluas sekolah, kantor, atau warnet saja. Jaringan komputer dengan luas wilayah seperti itu disebut dengan LAN atau singkatan dari Local Area Network. Jaringan komputer ini biasanya menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet. Yang memiliki kecepatan transfernya yaitu 10, 100, hingga 1000MB/s. Selain itu, ada juga yang menggunakan teknologi nirkabel seperti wifi.
  • Jenis yang kedua adalah jaringan komputer yang memiliki keterjangkauan lebih luas dari LAN. Jenis yang kedua ini disebut dengan istilah MAN atau singkatan dari Metropolitan Area Network. Dari namanya, sudah cukup tergambarkan seluas apa keterjangkauan dari jaringan komputer yang satu ini. Ya, keterjangkauannya adalah seluas kota. Jaringan komputer jenis yang kedua ini merupakan gabungan dari jaringan LAN.  Jika LAN biasanya memiliki luas sekitar 1 kilometer persegi, maka MAN luasnya sekitar 10-50 kilometer persegi.
  • Jenis ketiga atau yang terakhir jika dibedakan berdasarkan keterjangkauannya adalah WAN atau singkatan dari Wide Area Network. Lebih luas lagi dari dua jenis sebelumnya, WAN memiliki keterjangkauan seluas negara atau bahkan benua.

Masih banyak lagi jenis-jenis jaringan komputer lainnya. Seperti dibedakan berdasarkan distribusi sumber informasi, berdasarkan transmisi data yang digunakan. Berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data, serta berdasarkan topologi komputer yang digunakan. Masing-masing digunakan untuk keperluan tertentu. Untuk memperlancar dan mempermudah arus informasi, digunakan jenis jaringan komputer tertentu sesuai dengan kebutuhannya.

Namun, biasanya secara umum jaringan komputer dibedakan berdasarkan luas jaringan atau keterjangkauannya. Maka, untuk menerapkan suatu jaringan komputer, seseorang atau lembaga tertentu harus menetapkan tujuan digunakannya jaringan komputer. Baru kemudian menentukan jaringan seperti apa yang akan diterapkan. Misalnya, jika hanya untuk keperluan kantor atau sekolah saja, maka hanya perlu menggunakan LAN.