Membedakan Jaringan Komputer dan Jaringan Internet

Psybnc.net – Teknologi komputer dan internet bisa dikatakan sebagai teknologi yang paling berpengaruh pada  berbagai aspek kehidupan manusia. Saat ini, teknologi tersebut digunakan dalam berbagai bidang dan untuk berbagai keperluan. Contohnya penggunaan teknologi komputer dan internet serta bagaimana perubahan yang dibawanya bisa kita lihat dari penyelenggaraan UN (Ujian Nasional) dalam pendidikan di Indonesia.

Apa Perbedaan Dari Kedua jaringan Tersebut

Jika dulu UN dilaksanakan secara tertulis dengan menggunakan lembar soal dan lembar jawaban fisik, maka saat ini berubah menjadi diterapkannya UNBK atau Ujian Nasional Berbasis Komputer. Setiap jenjang pendidikan di Indonesia telah menerapkan sistem UNBK mulai beberapa tahun lalu. Dari diterapkannya UNBK, kita bisa melihat bagaimana teknologi komputer dan internet membawa perubahan pada bidang pendidikan. Bukan hanya pada dunia pendidikan saja, teknologi komputer dan internet juga membawa perubahan pada berbagai bidang lainnya, seperti ekonomi, politik, dan sosial. Dalam penggunaan teknologi komputer dan internet, kita tentu sering mendengar istilah jaringan komputer dan jaringan internet. Apakah keduanya merupakan hal yang sama atau berbeda? pokerace99

Apa Perbedaan Dari Kedua jaringan Tersebut

Jaringan komputer dan jaringan internet sebenarnya merupakan dua konsep yang berbeda. Meskipun ada titik temu diantara keduanya. Lalu, apa yang membedakan keduanya? Pertama, mari kita ketahui dulu apa itu jaringan. Jaringan merupakan sebuah sistem yang terdiri dari sejumlah perangkat jaringan yang bekerjasama untuk mencapai tujuan tertentu. Maka, jaringan komputer merupakan sebuah sistem yang terdiri dari sejumlah komputer beserta perangkatnya yang saling bekerjasama untuk mencapai tujuan tertentu yaitu untuk berbagi sumber daya. Sumber daya tersebut bisa berupa sumber daya fisik seperti printer, CPU, dan sebagainya maupun data-data atau informasi. Saling terhubungnya satu komputer dengan komputer lainnya dalam jaringan komputer bisa dengan menggunakan media kabel maupun nirkabel.

Apakah Jaringan Internet Merupakan Bagian dari Jaringan Komputer

Jika Anda menggunakan komputer yang saling terhubung di sekolah, kantor, maupun warnet, maka itulah yang disebut sebagai jaringan komputer. Jaringan komputer ada banyak jenisnya dan dibedakan berdasarkan kategori tertentu. Salah satunya adalah berdasarkan jangkauan geografisnya yaitu LAN, MAN, dan WAN. Mulai dari yang pertama memiliki jangkauan lokal, lalu kota, dan yang terakhir negara atau bahkan benua. LAN adalah jaringan komputer dengan jangkauan terkecil atau tersempit sementara WAN adalah jaringan komputer dengan jangkauan terluas. Kategori lainnya sudah disinggung sebelumnya yaitu jenis jaringan komputer berkabel dan nirkabel yaitu dibedakan berdasarkan media transmisi data yang digunakan. Kira-kira seperti itulah apa yang dimaksud dengan jaringan komputer.

Lalu, apa itu jaringan internet? Jaringan internet sebenarnya bisa dikatakan sebagai bagian dari jaringan komputer. Internet bisa dikategorikan ke dalam WAN atau Wide Area Network. Jaringan komputer mampu menghubungkan komputer-komputer atau orang-orang di seluruh dunia. Jaringan internet pun sebenarnya memanfaatkan berbagai perangkat untuk menghubungkan komputer-komputer dan orang-orang di seluruh dunia. Namun secara kasat mata tidak senampak seperti pada jaringan komputer. Misalnya jaringan komputer di kantor, sekolah, atau warnet. Kita bisa melihatnya sebagai suatu jaringan yang perangkat-perangkatnya nampak mata.

Baca JugaJenis-jenis Jaringan Komputer

Terhubung melalui kabel-kabel antar satu komputer dengan komputer lain. Namun, berbeda dengan jaringan internet yang masuk dalam kategori WAN sehingga perangkatnya tak sekasat mata pada jaringan komputer dengan jangkauan kecil seperti LAN. Meski sebenarnya pada jaringan komputer, digunakan juga perangkat-perangkat seperti router, juga memanfaatkan provider seperti Telkom Speedy atau IndosatNet. Selain itu, kadang bisa juga dianggap bahwa jaringan komputer lebih menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya beserta perangkat-perangkatnya untuk dimanfaatkan bersama agar menghemat peralatan dan biaya. Sementara jaringan internet menghubungkan satu orang dengan orang lainnya di seluruh dunia.