Kegunaan MU-MIMO Pada Wireless Router

Psybnc.net – Semakin hari, internet menjadi pusat segala hal yang kita lakukan. Kebutuhan internet saat kita dirumah seperti menonton film, bermain video game, dan video chatting dengan keluarga. Semuanya membutuhkan akses internet yang lancar. Tapi dengan begitu banyak Bandwidth ekstra yang diperlukan untuk mendorong data ke laptop nirkabel, desktop, perangkat streaming dan Smart TV Anda. Apakah router saat ini dapat menangani tuntutan kebutuhan internet anda saat inj? Tenang saja, saat ini telah dirilis teknologi MU-MIMO. Sebuah fitur baru yang akan segera kita hadapi dengan Overtaxed Routers diperlukan untuk membagi Bandwidth secara merata di antara perangkat Anda.

Kegunaan MU-MIMO Secara Umum

“MIMO” adalah singkatan dari “Multiple-Input, Multiple-Output”, dan ini mengacu pada cara Bandwidth dipecah oleh router dan disalurkan ke perangkat masing-masing. Kebanyakan Router moderen menggunakan “SU-MIMO”, atau “Single User, Multiple-Input, Multiple-Output”. Dengan Router ini, hanya satu perangkat yang bisa menerima data pada waktu tertentu. Ini berarti bahwa jika Anda memiliki satu orang menonton Film dan yang lain menonton Youtube. Jika Anda memulai kedua arus tersebut pada waktu yang bersamaan, satu perangkat akan mendapat prioritas sementara yang lain harus menunggu sampai yang pertama telah selesai mengunduh data.

Kegunaan MU-MIMO Secara Umum

Meskipun router SU-MIMO hanya bisa membuka satu aliran pada satu waktu, mereka melakukannya dengan sangat cepat. Router “MU-MIMO”, di sisi lain dapat memecah Bandwidth ini menjadi aliran individual terpisah. Yang masing-masing berbagi koneksi secara merata, tidak peduli aplikasinya. Router MU-MIMO hadir dalam tiga ukuran, yaitu: 2 × 2, 3 × 3, dan 4 × 4. Yang tergantung pada jumlah arus yang ada dalam setiap perangkat di rumah Anda. Ini seperti setiap perangkat mendapatkan router “Private” sendiri. Manfaat utama di sini adalah bahwa alih-alih setiap aliran secara berkala. Router MU-MIMO dapat menjaga aliran sinyal yang stabil untuk keempat perangkat tersebut, dan cukup mendistribusikan Bandwidth ke masing-masing tanpa mengorbankan kecepatan dari yang lain pada saat bersamaan. Semua ini terdengar hebat, bukan? Memang, tapi seperti kebanyakan fitur yang berhubungan dengan jaringan.

Kelemahan Yang Terdapat Pada MU-MIMO

Ada satu kelemahan besar: agar MU-MIMO benar-benar bekerja, penerus dan perangkat penerima harus memiliki kompatibilitas MU-MIMO penuh agar bisa berkomunikasi satu sama lain. Pada artikel ini, hanya ada beberapa laptop yang memiliki receiver nirkabel MU-MIMO-ready. Sejumlah smartphone dan tablet terpilih yang dilengkapi dengan chip Wi-Fi yang tahu apa yang harus dilakukan dengan aliran MU-MIMO (seperti Microsoft Lumia 950). Brarti ini kemungkinan akan membutuhkan beberapa tahun lagi sebelum setiap perangkat di rumah anda dapat menggunakan fitur ini. Anda bisa membeli USB MU-MIMO yang kompatibel untuk desktop atau laptop, tapi harganya agak lebih mahal daripada receiver SU-MIMO biasa. Saat ini MU-MIMO berada di puncak empat aliran, yang berarti jika Anda menambahkan perangkat kelima ke jaringan. Maka harus berbagi arus dengan perangkat lain dengan cara yang sama seperti router SU-MIMO, yang mengalahkan tujuan.

Terakhir, ada fakta bahwa sinyal siaran MU-MIMO bekerja secara terarah. Dan hanya dapat dipecah saat perangkat berada di lokasi yang berbeda di sekitar rumah. Misalnya: jika Anda sedang streaming film ke ruang tamu di TV dan anak-anak Anda menghubungkan Nintendo 3DS mereka di sofa hanya beberapa meter jauhnya. Secara bersamaan kedua perangkat akan dipaksa untuk berbagi arus yang sama. Karena cara kerja MU-MIMO, saat ini tidak ada solusi untuk hal ini. Yang berarti jika Anda tinggal di apartemen kecil atau melakukan sebagian besar penjelajahan Anda dari ruangan yang sama, MU-MIMO tidak akan memberikan keuntungan ekstra atas SU-MIMO. Demikianlah pengenalan dari Brand baru MU-MIMO untuk Router anda.