Jenis-jenis Jaringan Komputer

Psybnc.net – Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar komputer dengan saling menghubungkannya melalui sebuah sistem. Hadirnya teknologi jaringan komputer memberikan banyak manfaat pada penggunanya seperti kemudahan berbagi informasi, integrasi data lebih mudah, penghematan biaya penggunaan dan pemeliharaan komputer dan perangkatnya, memungkinkan keamanan data yang lebih baik, serta masih banyak lagi manfaat lainnya.

Namun, berbagai manfaat tersebut juga bisa dipengaruhi oleh seperti apa pemasangan jaringan komputer yang dilakukan. Pasalnya, ada berbagai jenis jaringan komputer. Masing-masing diperuntukkan bagi penggunaan tertentu yang bisa diterapkan sesuai dengan kebutuhan. Maka, sebelum memasang jaringan komputer, ketahui dan pahami dulu masing-masing jenis jaringan komputer. Setelah itu, pemasangannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau tujuan digunakannya jaringan komputer. Semakin tepat pemilihan jenis jaringan komputer, maka lebih memungkinkan untuk semakin membuat jaringan komputer yang diterapkan lebih membawa manfaat dan kemudahan.

Berbagai Jenis Jaringan Komputer Yang Ada

Berbagai Jenis Jaringan Komputer Yang Ada

Lalu, apa saja jenis-jenis jaringan komputer? Jaringan komputer ada berbagai jenis yang dibedakan berdasarkan kategori-kategori tertentu. Diantaranya berdasarkan jangkauan geografis, distribusi sumber informasi, berdasarkan media transmisi data yang digunakan, berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data, serta berdasarkan tipologi jaringan yang digunakan. Mari kita ulas satu persatu.

Pertama, berdasarkan jangkauan geografisnya, jaringan komputer dibedakan menjadi 3 yaitu. LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network) dan, WAN (Wide Area Network). Masing-masing memiliki jangkauan tertentu yang sedikit banyak bisa dilihat dari namanya. LAN keterjangkauannya lokal seperti kantor, sekolah, dan warnet. Kemudian MAN keterjangkauannya metropolitan atau kota yaitu seluas kota. Sementara WAN yang keterjangkauannya lebih luas seperti negara bahkan benua. Masing-masing jenis jaringan data tersebut juga memanfaatkan teknologi tertentu dan memiliki kecepatan data transfer tertentu.

Kedua, berdasarkan distribusi sumber informasi, jaringan komputer dibedakan menjadi 2 yaitu jaringan terpusat dan jaringan terdistribusi. Jaringan terpusat merupakan jaringan yang terdiri dari komputer server dan komputer client. Komputer server merupakan pusat jaringan. Sementara komputer client bertugas sebagai perantara dalam mengakses sumber informasi atau data. Dalam jenis jaringan komputer ini juga dikenal istilah dumb terminal atau terminal bisu yang tidak memiliki alat pemroses data. Jaringan terdistribusi memadukan beberapa jaringan terpusat. Pada jaringan ini memungkinkan adanya beberapa komputer server-client yang saling terhubung.

Ketiga, berdasarkan media transmisi data yang digunakan, dibedakan menjadi 2 yaitu jaringan berkabel dan nirkabel (tanpa kabel). Dari namanya sudah cukup jelas yaitu masing-masing menggunakan kabel maupun tanpa kabel sebagai media transmisi datanya.

Keempat, berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data, dibedakan menjadi 2 yaitu client-server dan peer to peer. Istilah server dan client sudah kita singgung sebelumnya. Server merupakan komputer yang menjadi pusat sumber daya data sementara. Komputer client hanya menggunakan sumber data dari komputer server tanpa menyimpan atau memiliki data. Sementara pada jaringan peer to peer masing-masing komputer memiliki kedudukan yang sama.

Kelima atau terakhir, berdasarkan topologi jaringan yang digunakan. Topologi artinya struktur atau bentuk sesuatu dalam hal ini komputer. Maka, pada klasifikasi ini jaringan komputer dibedakan dengan melalui bagaimana komputer-komputer terhubung membentuk suatu bentuk. Pada klasifikasi jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan topologinya, ada banyak jenis jaringan komputer. Contohnya adalah topologi bus, topologi star atau bintang, topologi ring, topologi, tree, dan masih banyak lagi lainnya. Itulah jenis-jenis jaringan komputer yang ada dibedakan berdasarkan kategori tertentu.