Jenis dan Perbedaan Jaringan Internet

Psybnc.net – Indonesia merupakan negara pengguna internet terbanyak nomor 5 di dunia. Meskipun merupakan pengguna jaringan internet yang cukup besar, kualitas dari jaringan internet tersebut terlihat kurang cukup baik.

Hal tersebut dapat dilihat dari kecepatan jaringan internet yang masih lambat jika dibandingkan dengan jaringan internet di negara lain. Meskipun begitu, kita masih dapat menikmati jaringan internet tersebut sebagai penghubung dengan dunia maya. Berbicara mengenai internet, internet memiliki jenis yang beragam dan dibagi berdasarkan dengan jangkauan jaringan atau geografis, media transmisi data, distribusi data dan berdasarkan dengan peranan komputer. Untuk membedakan jenis jaringan internet tersebut, simak penjelasannya di bawah ini.

Berdasarkan dengan jangkauan wilayah atau geografis, jaringan internet dibagi menjadi 5 jenis yakni PAN, HAN, LAN, MAN dan WAN.

  • PAN atau Personal Area Network memiliki cakupan wilayah yang sempit dan terbatas. Cakupan akan jaringan internet tersebut hanya mencapai 10 m saja. Jaringan Bluetooth merupakan salah satu contih dari jaringan PAN.
  • HAN atau Home Area Network memiliki cakupan jaringan yang tidak terlalu luas. Area sekitar rumah merupakan cakupan jaringan yang dapat ditanggap oleh pengguna. Untuk menggunakan jaringan ini, router dipasang sebagai alat penangkap jaringan.
  • LAN memiliki cakupan jaringan yang lebih luas jika dibandingkan dengan PAN. Jaringan ini dapat digunakan hingga jarak 1 km. Sekolah atau perusahaan merupakan pihak yang biasa menggunakan jaringan tersebut.
  • MAN sendiri merupakan perbaikan dari jaringan LAN sehingga memiliki cakupan jaringan yang lebih luas hingga 50 km. Jaringan ini dapat menghubungkan jaringan kota yang terdapat di satu propinsi. Jenis jaringan lain berdasarkan dengan geografisnya adalah WAN. Dibandingkan dengan keempat jaringan internet yang lain, LAN merupakan jaringan internet dengan cakupan terluas.
  • Karena terlalu luasnya, jaringan internet tersebut dapat menghubungkan pengguna internet di satu negara. WAN atau Wide Area Network menghubungkan beberapa jaringan LAN sehingga menjadi satu kesatuan.

Jaringan internet yang berdasarkan dengan transmisi data dibagi menjadi dua jenis, jaringan berkabel dan jaringan nirkabel.

Jaringan berkabel atau dikenal dengan istilah Wired Network ini membutuhkan media kabel yang berperan sebagai transmisi. Jenis kabel yang digunakan pada jaringan ini memiliki beberapa varian, salah satunya adalah fiber optic dan kabel UTP. Sedangkan untuk jaringan nirkabel atau jaringan tanpa kabel merupakan jaringan yang tidak memanfaatkan kabel untuk melakukan pengiriman data.

Untuk menghubungkan informasi, jaringan nirkabel memanfaatkan gelombang elektromagnetik sebagai perantara. Untuk memanfaatkan jaringan nirkabel, wireless adapter digunakan sebagai alat untuk menerima dan mengirimkan data kepada pihak lain. Jaringan internet berdasarkan dengan sumber data dibagi menjadi dua jenis, jaringan terpusat dan jaringan terdistribusi. Untuk menggunakan jaringan terpusat, komputer server digunakan sebagai sumber data dan komputer client digunakan untuk mengakses informasi.

Sedangkan untuk jaringan terdistribusi, jaringan tersebut memiliki kesamaan dengan jaringan terpusat. Yang membedakan diantara kedua jaringan tersebut terletak pada jumlah komputer client dan komputer server yang digunakan. Jaringan Client-Server dan jaringan Peer to Peer merupakan jenis jaringan internet yang dibagi berdasarkan dengan peranan komputer pada jaringan. Jaringan Client-Server memiliki peranan yang sama dengan komputer client. Pada jaringan Peer to Peer, jaringan server dan jaringan client memiliki peranan yang tidak boleh ditukar. Masing-masing jaringan harus bekerja pada tempatnya masing-masing dan tidak dapat tergantikan satu sama lainnya. Itulah jenis jaringan internet yang dapat Anda ketahui.